By: Yan Nurindra

Saya coba menimpali saja tulisan rekan “Gim Hok” yang ditulis sebelum ini, kerena memang “The Secret” adalah suatu fenomena “luar biasa” ….. “booming” “gempar” pokoknya sekali lagi “rrrrruar biasa” !

Dalam kancah atas nama “motivasi” atau “pemberdayaan diri” …. akhirnya terpolarisasi 2 kubu … antara yang “setuju” dengan fenomena “the secret” … ada pula yang komentar-nya “ah ember aja tuh The Secret” … yang berkelimpahan cuma Rhonda Byrne dengan konco-konco-nya ! Emang nasib orang cuma sekedar “dirasa-rasakan” trus benar bisa “menarik” realita ? Kehidupan kok dianggap “lemper” ..? Penyet sana penyet sini … trus jadi !

He … he … he ….! Trus saya sendiri kubu yang mana tuh ?

Oke, saya adalah kubu yang “mendukung” The Secret ! Tetapi dengan “amat sangat banyak” catatan kaki alias footnote …….

***

Secara pribadi, jalan hidup saya adalah jalan hidup “The Secret” ! Baik kehidupan “rungsep” yang telah saya jalani, kehidupan “agak enak” sampai yang “lumayan enak” bahkan yang sangat “enek” ! Semua cocok-cocok saja dengan kaidah dasar dari The Secret !

***

Napak tilas sebentar ya …….

Saya mulai menyadari kehidupan “The Secret” sekaligus mempelajari fenomena “The Secret” justru mulai bertahun-tahun silam …. tepatnya ketika saya mulai mempelajari Psychocybernetic (Dr. Maxwell) dan juga ketika saya memperoleh suatu buku “kuno” yaitu “The Magic Power of Your Mind” karangan Walter M. Germain, yang diterbitkan pada tahun 1956. Kisah “penemuan buku ini di tukang loak” pun memenuhi prinsip dasar “The Secret”, yaitu “The Law of Attraction” !

Dari pengetahuan-pengetahuan tersebut, Plus dengan “kisah hidup” saya yang “di suatu masa” benar-benar “diselamatkan” oleh sang “Kekuatan Pikiran”, maka saya mendedikasikannya dalam suatu workshop yang saya beri judul “Alpha Power” yang digelar dalam beberapa versi mulai dari tahun 2003 sampai dengan 2007. Bahkan beberapa rekan kontributor di portal sempat bergabung di versi awal dari workshop ini, versi yang masih sangat “premature”. Sekarang workshop sudah di-“anumerta”-kan, karena mulai “melenceng” dari tujuan semula ! Dinamakan sebagai “Alpha Power” karena menyangkut pemberdayaan diri yang sangat luar biasa yang dilakukan cukup di “Alpha Brainwave” ! Yang diberdayakan apa saja ? Semuanya, yang intinya akan menghasilkan yang diistilahkan oleh “The Secret” sebagai “The Law of Attraction” !

Oleh karena itu dengan segenap “kerendahan hati” …. Saya bermaksud untuk “sharing” kepada para “The Secret Mania”, tentu dengan perspektif yang berbeda ….! Sekali lagi hanya “sharing” …. bukan mau “usaha” marketing pelatihan ! Toh “Alpha Power” sudah “anumerta” !

***

Akan tetapi, sebelum Sharing ini benar-benar terjadi, maka terlebih dahulu saya akan melemparkan konsep kesemestaan yang mendasari “The Secret” ! Anda harus memberikan persetujuan atau ketidak setujuan terlebih dahulu !

Prinsip Pertama :

Kita hidup dalam kesempurnaan ! Kita diberikan berbagai “perangkat kesadaran” yang “sangat sempurna” oleh YME, sekaligus alam semesta yang sempurna pula, dengan hukum-hukum yang bersifat tetap dan mengikat segenap penghuninya, hukum ini adalah : “The Alchemy of The Universe” !

Di sini kita mulai masuk ke persimpangan pemikiran yang agak kritis dan sekaligus sensitif …. apakah kita memandang kehidupan dan kesemestaan ini sebagai suatu hubungan “horisontal” atau “vertikal” atau antara “horisontal dan vertikal” ?

Maksud saya, kalau “KeTuhanan” dan “Agama” …. sudah pasti suatu hubungan yang kita tempatkan sebagai hubungan “vertikal”, antara mahluk dan “Khalik”-nya ! Tetapi jika kehidupan dan semesta “tempat kita hidup” kira-kira menurut anda masuk ke wilayah “horisontal” atau “vertikal” atau campurannya tadi ?

The Secret atau sejenisnya, hanya dapat dipahami dan diberlakukan dengan efektif jika anda menempatkan diri anda dan alam semesta dalam suatu “hubungan horisontal” murni yang tunduk dengan “The Alchemy of The Universe” !

Lho ?

Ya, ini menurut saya ! Jadi ini akan melahirkan Prinsip Kedua yang merupakan penjelasan lebih detail dari Prinsip Pertama.

Prinsip Kedua :

“Terima kasih TUHAN, karena KAU telah memberikan aku kesempatan untuk menjalani kehidupan, dan KAU telah memberikan kesempurnaan yang luar biasa bagi diriku, dan KAU karuniakan pula aku alam semesta yang sempurna dengan segenap hukumnya yang sangat sempurna pula, dimana aku dapat berpikir dan berkehendak bebas, tetapi akan tetap dan selalu terikat dengan kesempurnaan hukum alam semesta ini !”

Dari prinsip yang kedua ini, maka sebaiknya jangan pernah lagi kita mengatakan :

“Kenapa ya … saya ini sudah berkelakuan baik, tetapi kok nasib saya semakin hari semakin jelek ?”

“Kenapa ya saya yang sekolahnya rajin, lulus Cum Laude pula ! Tetapi kok teman saya yang sering nyontek dulu … malahan sekarang jadi konglomerat ?”

“Kenapa ya saya sering menyumbang dan berderma, kok tega-teganya perampok menyatroni rumah saya ?”

“Kenapa ya, saya sudah sedemikian rajin beribadah dengan ihlas, kok hidup saya makin terpuruk ?”

Karena pernyataan-pernyataan di atas “tidak akan pernah ada jawabnya” ! Karena kita secara “tidak sadar” telah menempatkan diri kita “sangat rendah”, yaitu hanya sekedar menjadi “obyek” kehidupan ….. dan tentu saja “sangat tidak berdaya” !

Bandingkan dengan Tuan Amin, seorang ahli kimia yang menurut dia sangat ahli dalam membuat sesuatu yang “kimiawi” ! Suatu hari Tuan Amin mencoba membuat pupuk kimia. Nah, setelah campur-sana campur-sini … tiba-tiba “blaaaaaaar” …. boro-boro jadi pupuk …. malahan “mbeledos” jadi “bom kecil” ! Tetapi yang luar biasa, Tuan Amin dengan tenangnya berkata : “Wah, pasti rumusnya salah, atau campurannya kurang pas !” …. he he ….. luar biasa …. karena Tuan Amin walaupun tidak sukses, tetapi menempatkan dirinya sebagai “Subyek” atau Sang “Creator” !

Alam semesta bak kumpulan dari mega-trilyunan unsur kimia, yang melintasi seluruh dimensi energi alam semesta itu sendiri, anda bebas untuk membuat rumus dan mencampur-campurnya ! Salah atau benar soal nanti ! Tidak penting anda memahami atau tidak memahami, tetapi yang jelas andapun kini tengah mencampur-campur unsur-unsur ini pada setiap milidetik dalam hidup anda! Anda adalah Sang Ahli Kimia Alam Semesta ! Anda adalah “Subyek” bagi hidup anda sendiri ! Anda adalah “Sang Alchemist” yang memainkan hidup anda dengan “The Alchemy of The Universe” ! Anda adalah Sang “Creator” bagi hidup anda !

Dari penjelasan yang berazaskan prinsip kedua ini, kita akan memasuki prinsip yang ketiga, yang merupakan konsekwensi logis dari penjelasan ini :

Prinsip Ketiga :

Apapun yang kita peroleh atau alami pada hari ini, baik atau buruk, kebahagiaan atau kesengsaraan, dan berbagai hitam dan putih lainnya. Pasti benar-benar berasal dari formulasi “Sang Alchemist” yang berada dalam diri kita ! Kalau jelek ya namanya “Sang Alchemist” pasti “sedang salah rumus” ….. dan kalau “oke punya”, pasti “Sang Alchemist” memang “pas rumusnya” atau “kebetulan pas” ! Gitu aja kok repot !

Jadi mulai sekarang sebaiknya kita ngomong seperti ini :

Tidak punya uang - “Wah, busyet …. gue pasti pasti mikir apa nih … kok jadinya sekarang nggak punya uang ?”

Dirampok - “Wah, gile beneer …. Pikiran gue pasti ada yang korsleeet nih … kok jadinya rampok jadi demen sama gue ?”

Dapat lotere – “Nah ini dia, ini so pasti pikiran gue yang bekerja dengan sangat canggih ….. kebetulan kali ya ? no way ! Nggak ada tuh kebetulan ! Yang ada cuma gue nggak ingetin rumusnya !”

***

Oke, ini adalah prinsip-prinsip dasar yang harus disepakati bersama terlebih dahulu ! “The Secret” atau “Alpha Power” atau mungkin bagus juga kalau disebut sebagai “Gaya Hidup LoA”, baru dapat “mulai dipelajari” bagi mereka yang total menyetujui “presupposition” ini !

Silakan kirimkan comment “Setuju” or “Tidak Menyetujui ……..!” baru nanti diputuskan apakah artikel perlu “dilanjutkan disini” atau “dilanjutkan disana” ! He … he ….!

Maap, kalau ada salah-salah kata ! Tabik !