Dear All,

Beberapa waktu yang lalu saya mendiskusikan benang merah antara "Hypnosis dan Doa yang dikabulkan" dengan teman yang juga seorang trainer (mohon doanya, semoga niat saya menjadikan materi ini sebagai bahan seminar/pelatihan bisa segera terwujud). Waktu dia bertanya kenapa saya tertarik mempelajari Hypnosis, saya jelaskan bahwa setelah mengikuti pelatihan tentang hypnosis, diri saya berubah menjadi lebih baik secara sangat signifikan. Namun dia menanggapi pernyataan saya ini secara dingin, dengan mengatakan : "

"Setiap orang, siapapun dia, pasti akan mengalami Euforia setiap sehabis mengikuti seminar/pelatihan apalagi yang bersifat memotivasi. Tapi yang namanya Euforia, itu hanyalah sementara. Jadi bersiaplah kembali ke Habitat asli, apabila perubahan ini tidak ditindak lanjuti dengan tepat, sehingga hanya merupakan euforia semata".

Komentar inilah yang membuat saya tercenung dan sesampainya dirumah, saya terus merenungi komentar teman saya itu, sambil meng "introspeksi diri", apakah saya juga mengalami euforia tersebut ???. Tiba-tiba saja, pikiran saya dibawa ke suatu ingatan, dimana saya menjadi begitu bersemangat untuk sharing di milis ini setiap kali selesai mengikuti seminar/pelatihan atau kegiatan lain (reseat, gathering, dll) yang berkaitan dengan milis ini.
Teman-teman tentunya masih ingat, saya pernah sharing tentang Gathering Alumni SC di Surabaya sampai 3 episode, atau testimoni yang cukup panjang lebar ???. Dan ketika banyak teman-teman milis yang meresponnya, saya merasa senang sekali. Tapi ketika saya ingat juga bahwa saya pernah merasa agak kecewa waktu ada postingan saya yang kurang mendapat respon, saya akhirnya sadar sesadar-sadarnya, bahwa ternyata saya juga mengalami EUFORIA

Namun, untungnya saya ikut kelas Hypnotherapy 100 jam nya Pak Adi, dimana di kelas ini saya bisa lebih mengetahui cara kerja pikiran (khususnya pikiran bawah sadar) dan bagaimana program pikiran terbentuk serta bagaimana me "restruktur" (men"setting" kembali) program-program pikiran yang sudah terlanjur salah. Berbekal pengetahuan ini, segera saya set kembali "program pikiran" saya yang mulai keluar dari jalurnya.
Saya set kembali pikiran bawah sadar saya, bahwa "saya ingin sharing di milis ini, karena memang ingin berbagi sesuatu, bukan untuk mendapat perhatian, respon ataupun pujian dari para member milis ini". Jadi mau direspon atau tidak, saya akan tetap sharing di milis ini, karena memang saya ingin sharing..... That's it !!!.

Dear All,

Kalau boleh saya menyimpulkan komentar teman saya tersebut diatas, kita memang harus mem "follow up" sekecil apapun perubahan yang kita rasakan setiap kali kita selesai mengikuti seminar/pelatihan (misal; SC, TSOM, Gathering, dll) dengan tepat, yaitu dengan menjaga semangat perubahan itu tetap tinggi (Keep The Spirit Of Change High) dan menurut hemat saya, cara yang paling mudah dan efektif untuk tetap mempertahankan bahkan meningkatkan semangat perubahan yang kita rasakan, adalah :

1. Tetap "stay tune" di milis ini, walapun hanya sekedar membaca setiap postingan yang masuk. Namun akan lebih efektif lagi, apabila teman-teman juga aktif menulis ( apakah itu berbagi kebahagiaan, meminta atau memberi saran, kisah-kisah yang menginspirasi, curhat, atau apapun juga).
2. Usahakan untuk bisa saling berhubungan (kopi darat) dengan sesama member milis ini. Makanya kopi darat seperti yang kemarin diprakarsai oleh Bung Rizal & Dwi, wajib di tindak lanjuti, bahkan tidak hanya diikuti oleh para alumni SC, tapi bila memungkinkan juga seluruh member milis ini.... Setuju... khannn .... ???

Akan sangat teknis dan panjang apabila saya jelaskan mekanismenya, kenapa dua hal diatas bisa menjaga spirit perubahan kita tetap tinggi (barangkali Rudi bisa menjelaskan, tolong yaa.... Ruudd.....).
Tapi, saya mohon maaf maaf apabila kesimpulan saya ini mungkin ngawur, tentunya ini semua karena keterbatasan saya (mohon koreksi dan masukannya).
Semoga bermanfaat dan salam damai selalu

Salam berkelimpahan,

Johan