6 Langkah Dahsyat dan Sangat Mudah untuk Melakukan Perubahan Diri

Kita mungkin akrab dengan kata ‘afirmasi’. Afirmasi adalah hasrat kita yang kita nyatakan menjadi sebuah perkataan atau tulisan pribadi. Ini adalah sebuah teknik pikiran yang sederhana namun tidak boleh begitu saja kita remehkan.

Tujuan dari afirmasi adalah untuk mengulang-ulang sebuah pernyataan, dari hari ke hari, sampai pernyataan itu tertanam dengan benar dalam pikiran bawah sadar kita. Bila hal ini terjadi maka pikiran bawah sadar kita akan merasakan perbedaan antara apa yang seolah-olah ‘nyata’ dengan dunia luar kita yang nyata.

Perbedaan ini akan menimbulkan suatu tekanan atau pressure, dan pikiran bawah sadar kita akan menyiapkan ide, motivasi dan tingkah laku sehingga dunia luar kita yang nyata akan mulai untuk menyelaraskan keadaan dengan dunia dalam diri kita. Nampaknya hampir seperti keajaiban ketika semua pintu kesempatan kita terbuka untuk membuat afirmasi kita menjadi kenyataan.

Namun kita harus menentukan cara supaya afirmasi ini menjadi sesuatu yang efektif. Pernyataan afirmasi harus ditulis dengan cara yang sangat khusus.

Saya akan paparkan tiga hal yang harus diperhatikan untuk membuat pernyataan afirmasi yang dahsyat:

Pertama, pernyataan afirmasi itu harus bersifat perseorangan atau pribadi. Kita harus menggunakan kata ‘SAYA’. Sebagai contohnya, sebuah pernyataan afirmasi yang tepat adalah sebagai berikut; “Saya percaya diri dapat berbicara di hadapan ribuan pendengar.”

Kedua, pernyataan afirmasi itu harus kalimat positif. Sebagai contohnya, sebuah pernyataan afirmasi yang tepat adalah sebagai berikut; “Saya mengkonsumsi makanan sehat setiap hari.” Contoh sebuah pernyataan afirmasi yang keliru adalah sebagai berikut; “Saya tidak makan junk food.”

Seperti kita tahu meskipun pikiran bawah sadar kita adalah alat yang sangat dahsyat, namun pikiran bawah sadar kita berkerja dengan sangat sederhana. Apa yang kita nyatakan diproses melalui gambar bukan kata. Pikiran bawah sadar kita tidak dapat memproses kata negatif seperti ‘jangan’, ‘tidak’ atau ‘tidak dapat’.

Ketika kita menyatakan, “Saya tidak makan junk food,” maka pikiran bawah sadar kita membawa gambar tentang diri kita dan junk food, dan kita justru mulai menanamkan dengan kuat tingkah laku yang sedang kita usahakan untuk kita ubah.

Ketiga, pernyataan afirmasi itu harus kalimat kondisi saat ini (dalam bahasa Inggris menggunakan Present Tense bukan Future Tense). Kita biasanya berpikir dengan logis sehingga membuat pernyataan afirmasi seperti ini, “Saya akan sukses dalam bisnis saya.” Pernyataan ini sebenarnya keliru. Mengapa? Ketika kita menyatakan kalimat kita menggunakan ‘akan’ maka tidak ada tekanan atau pressure yang tercipta dalam pikiran bawah sadar kita sehingga tidak ada proses penanaman afirmasi atau perubahan yang terjadi.

Seperti kita tahu ketika kita menyatakan bahwa kita ‘akan’ sukses suatu hari, kita sebenarnya juga mengimplikasikan bahwa kita tidak sukses sekarang. Kondisi yang terimplikasi itu yang dikenali oleh pikiran bawah sadar kita sebagai kebenaran sehingga tidak terjadi perubahan apapun.

Hanya dengan mengubah affimasi yang sama tanpa kata ‘akan’, “Saya sukses dalam bisnis saya,” kita menciptakan tekanan atau pressure yang diperlukan pikiran bawah sadar kita untuk berproses. Saya bermaksud menyatakan bahwa tiga hal ini sangat penting untuk Menanamkan Afirmasi, bukan untuk sekedar mengulang-ulang hal yang sudah kita ketahui.

Nah, saat ini Anda sudah tahu bagaimana menuliskan afirmasi yang dahsyat! Mari kita terapkan pengetahuan ini dengan menyusun langkah untuk Menanamkan Afirmasi!

6 Langkah Dahsyat dan Sangat Mudah untuk Menanamkan Afirmasi yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Langkah 1, Pilihlah maksimal 3 tingkah laku yang ingin Anda ubah! Ketika Anda baru memulai sebuah perubahan, berusaha untuk mengubah banyak hal seketika akan banyak mengurangi kemungkinan afirmasi tertanam dalam pikiran bawah sadar Anda. Idealnya, Anda memilih dan fokus pada satu saja tingkah laku. Sekali Anda lihat efek dari afirmasi Anda menjadi kenyataan, Anda dapat memulai Menanamkan Afirmasi yang baru.

Langkah 2, Siapkan10 kartu (seukuran: 10 X 15 cm)! Tuliskan dengan tepat tingkah laku apa yang ingin Anda ubah dengan menggunakan kalimat seperti petunjuk di atas. Tuliskan kalimat afirmasi yang akan ditanamkan dalam pikiran bawah sadar Anda menggunakan huruf balok, besar dan tegas!

Langkah 3, Letakkan kartu Anda di tempat yang biasa Anda lihat! Letakkan satu di tempat tidur Anda, satu di pintu lemari pendingin Anda, satu di kaca kamar mandi Anda, satu di kemudi mobil Anda (Baca kartu afirmasi Anda hanya saat mobil berhenti!), satu di monitor komputer Anda dan sebagainya di tempat dimana Anda sering melihatnya! Letakkan juga satu di dompet Anda!

Langkah 4, Segera setelah Anda bangun di pagi hari dan tepat sebelum Anda tidur, ucapkan afirmasi Anda sebanyak 20 kali dengan suara keras! Ketika Anda mengulang pernyataan afirmasi Anda, ucapkan dengan antusias dan senyum karena Anda tahu setiap afirmasi yang Anda ucapkan itu tertanam semakin dalam ke pikiran bawah sadar Anda!

Langkah 5, Setiap kali Anda lihat kartu Menanamkan Afirmasi Anda yang Anda tulis, ucapkan pernyataan itu dengan suara keras sepuluh kali dengan antusias dan penuh keyakinan! Ingat! Secara pendekatan spiritual, ucapan Anda adalah doa Anda!

Langkah 6, Ketika Anda lihat perubahan terjadi dalam kehidupan Anda secara “ajaib”, Anda dapat mulai untuk Menanamkan Afirmasi yang berikutnya.

Langkah-langkah atau cara ini kelihatannya seperti terlalu rumit atau terkesan gila ketika Anda lakukan, namun teknik ini berhasil pada banyak orang! Saya yakin teknik ini akan berhasil juga untuk Anda juga bila Anda melakukannya secara disiplin dan kontinyu!

Teknik yang akan saya bahas dalam tulisan berikutnya adalah saudara sepupu dari Menanamkan Afirmasi: Teknik “Pesan Bawah Sadar” atau “Subliminal Messaging“.

Salam Indonesia Dahsyat!